Rabu, 19 September 2012

perubahan entalpi standar

Perubahan entalpi untuk reaksi kimia yang semua pereaksi dan produknya dalam keadaan standar pada suhu tertentu disebut entalpi standar reaksi. Entalpi standar digunakan untuk membandingkan perubahan energi yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis perubahan entalpi standar, yaitu perubahan entalpi pembentukan standar (Hof), perubahan entalpi penguraian standar (Hoc) dan perubahan entalpi pembakaran standar (Hod).
  • Perubahan entalpi pembentukan standar (Hof) adalah perubahan entalpi pada pembentukan 1 mol zat dari unsur-unsurnya pada keadaan standar dan semua unsur-unsurnya dalam bentuk standar.
C (s, grafit) + 2 H2 (g) → CH4 (g)      ∆Ho = -74.8 kJ/mol
  • Perubahan entalpi penguraian standar (Hd) adalah perubahan entalpi pada penguraian 1 mol zat menjadi unsur-unsurnya pada keadaan standar.
H2O (l) → H2 (g) + ½ O2 (g)             ΔHo = + 286 kJ/mol
  • Perubahan entalpi pembakaran standar (Hoc) adalah perubahan entalpi pada pembakaran 1 mol zat pada keadaan standar.
C (s, grafit) + O2 (g) → CO2 (g)      ∆Ho = -393.5 kJ/mol


Entalpi mutlak dari suatu zat tidak dapat diukur atau dihitung. Hanya perubahan entalpi saja yang dapat diukur. Berikut ini keadaan standar zat kimia yang ditetapkan oleh para ahli kimia.
Untuk zat cair dan padat, keadaan standar adalah keadaan stabil secara termodinamika pada tekanan 1 atm dan suhu tertentu.
  • Untuk gas, keadaan standar adalah fase gas pada tekanan 1 atm, pada suhu tertentu, dan menunjukkan sifat gas ideal.
  • Untuk spesi yang terlarut, keadaan standar adalah 1 M larutan pada tekanan 1 atm, oada suhu tertentu, dan menunjukkan sifat larutan ideal.

0 komentar:

Posting Komentar